Tumbangnya StartUp QLAPA



Tumbangnya StartUp QLAPA 

Di tahun 2019 ini banyak startup baru bermunculan dan tidak sedikit juga startup yang tumbang, kabar tidak sedap ini datang dari QLAPA. QLAPA merupakan start up yang bergerak di bidang market place yang mengkhususkan diri dengan idealisme yang hanya menjual barang - barang kerajinan karya anak - anak bangsa.

QLAPA merupakan satu - satunya startup yang mengkhususkan diri untuk menjual barang - barang kerajinan lokal yang bertujuan untuk meningkatkan pendapatan para pengrajin dengan menjual barang kerajinan melalui marketplace QLAPA.

Baca Juga : Perkembangan StartUP di indonesia

Seiring dengan berjalannya waktu  QLAPA mengumumkan secara resmi bahwa menutup semua layananya di tahun 2019, ada apa.? apakah begitu sengit pertarungan marketplase sehingga QLAPA tumbang? hanya internal QLAPA sendiri yang tahu alasannya, yang pasti sekarang QLAPA sudah tidak ada lagi.

Berikut adalah kutipan salam perpisahan QLAPA kepada semua penggunanya :

Hampir 4 tahun yang lalu, kami memulai Qlapa dengan misi memberdayakan perajin lokal. Banyak pasang surut yang kami alami dalam perjalanan yang luar biasa ini. Kami sangat berterima kasih atas semua tanggapan positif dari para penjual, pelanggan, dan media. Dukungan yang kami terima sangat luar biasa dan membesarkan hati.
Selama masa yang indah itu, perjalanan Qlapa telah dimuat di berbagai media yang mendengar misi kami. Aplikasi mobile Qlapa dianugerahi sebagai "Hidden Gem" oleh Google Play dan kami juga dianugerahi sebagai salah satu start up dengan pertumbuhan paling menjanjikan oleh majalah Forbes Asia.
Kami sangat senang telah menyalurkan puluhan miliar rupiah hasil penjualan kepada para perajin kami. Sedikit-banyak kami telah berperan dalam mempromosikan produk-produk buatan tangan para perajin Indonesia. Tim kami telah menjalani banyak hal yang menyenangkan dan kami telah berusaha memberikan yang terbaik.
Melihat ke belakang, kami bersyukur telah melewati perjalanan yang luar biasa ini. Sayangnya bagi kami, perjalanan romantis ini harus berakhir. Kami tidak dapat membuat Qlapa menjadi bisnis yang menguntungkan dan berkelanjutan.
Kami masih percaya pada kualitas, cerita, dan rasa cinta terhadap produk kerajinan tangan Indonesia. Masih ada tugas yang perlu dilakukan, ada mimpi-mimpi yang harus diwujudkan. Tapi untuk sekarang, kami harus mengucapkan selamat tinggal. Layanan kami tidak lagi tersedia mulai 2019.
Sebuah keputusan yang sulit, namun harus kami ambil.
Kami berharap yang terbaik untuk para penjual, yang telah menjadi mitra bisnis kami selama bertahun-tahun. Kami sering kali terkagum dan terinspirasi oleh kisah dan produk mereka. Terima kasih telah mempercayai kami dan memberi kami kesempatan untuk mencoba.
Dengan tulus kami berharap, misi kami untuk memajukan produk-produk kerajinan tangan Indonesia dapat didengar dan akan ada yang melanjutkan dan memberdayakan kreativitas para perajin Indonesia.
Terakhir, kami mengucapkan terima kasih kepada para pelanggan, mitra, dan karyawan kami. Qlapa tidak akan pernah mencapai semua ini tanpa kalian. Semoga kita dapat berjumpa dan bekerja sama kembali di lain kesempatan.


Salam hangat,
Qlapa

Dari QLAPA kita mendapatkan pelajaran berharga "memulai itu mudah namun mempertahankan itu sulit" banyaknya startup yang bermunculan dengan mengedepankan layanan yang sama dengan banyak kompetitor lainnya hal ini tentunya akan sulit, terlebih startup sendiri merupakan perusahaan rintisan yang tentunya banyak sekali yang memulainya dengan bootstrapers (pendanaan sendiri).

Baca Juga : Tips penting membangun StartUp

Tetapi yakin lah jika anda ingin membuat startup pastikan anda sudah memiliki pasar yang jelas memiliki pemasok yang jelas, buat plan hingga beberapa tahun kedepan, teknik marketing yang baik dan yang pasti semuanya itu membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Karena kita ketahui persaingan marketplace sangat sengit dan di kuasai oleh startup unicorn yang setiap harinya bakar duit untuk mendapatkan perlanggan baik yang baru maupun pelanggan yang sudah terdaftar untuk tetap melakukan repeat order dengan memberikan diskon, cashback, gratis ongkir dan banyak lagi metode yang mereka lakukan.

Jadi, apakah kamu akan  tetap membuat StartUp? isi komentar di bawah ya.

0 Response to "Tumbangnya StartUp QLAPA "

Post a Comment

Berkomentar dengan bijak dan sopan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel