Apa itu startup ? Perkembangan bisnis startup di indonesia

Apa itu startup ? Perkembangan bisnis startup di indonesia

Apa itu start up? menurut wikipedia Perusahaan rintisan, umumnya disebut startup (atau ejaan lain yaitu start-up), merujuk pada semua perusahaan yang belum lama beroperasi. Perusahaan-perusahaan ini sebagian besar merupakan perusahaan yang baru didirikan dan berada dalam fase pengembangan dan penelitian untuk menemukan pasar yang tepat. Istilah "startup" menjadi populer secara internasional pada masa gelembung dot-com, di mana dalam periode tersebut banyak perusahaan dot-com didirikan secara bersamaan.

Maka dapat disimpulkan startup adalah perusahaan rintisan atau perusahaan yang baru di buka dan baru di rintis oleh pelaku usaha yang biasanya di sebut dengan founder.


Istilah startup menjadi sangat populer belakangan ini, demam startup mulai menjamur bagi mereka yang menemukan solusi untuk suatu problem baik dalam bidang teknologi, kesehatan, pinjaman maupun kebutuhan sehari - hari.


Startup dibangun oleh para pelaku dengan harapan bisa mendapatkan pendanaan dari invenstor dan berkembang menjadi startup unicorn yang nilai valuasinya sungguh luar biasa, beberapa contoh startup yang mendapatkan predikat unicorn di indonesia yaitu bukalapak, tokopedia, gojek, grab dan masih banyak lagi yang lainnya.


Baca Juga :Menghasilkan $100 pertama dari google adsense


Beberapa ciri karakteristik perusahaan startup biasanya seperti ini :



  • Usia perusahaan kurang dari 3 tahun
  • Pekerja atau karyawan yang dimiliki kurang dari 20 Orang
  • Pendapatan kurang dari $100.000/Pertahun
  • Umum nya memanfaatkan teknologi informasi untuk menjalankan usahanya.
  • Masih dalam tahap merintis dan berkembang
  • Menjalankan kegiatan bisnisnya dengan menggunakan website dan/atau aplikasi android/IOS
dari beberapa ciri karakteristik tersebut dapat kita tarik kesimpulan bahwa startup itu sendiri adalah kegiatan usaha rintisan yang menjalankan bisnis nya dengan memanfaatkan teknologi informasi seperti website, aplikasi android dan aplikasi IOS. Dengan kata lain startup adalah perusahaan yang menjalankan bisnisnya secara online baik itu B2B (Bisnis to Bisnis) maupun B2C (Bisnis to customer).

Perkembangan bisnis startup di indonesia

Perkembangan bisnis startup sangat pesat di indonesia sangat pesat bahkan indonesia menempati peringkat 4 untuk jumlah startup terbanyak di dunia, sangat luar biasa ide dan kreatifitas para pelaku usaha startup ini. Tak di pungkiri juga dengan banyak nya startup yang mulai bermunculan, tentunya akan meningkatkan rasio persaingan antar startup dengan ide dan role bisnis yang sama.

Salah satu contoh nya persaingan di dunia e-commerce di indonesia membuat raksasa online store asal jepang rakuten.com tumbang dan resmi tutup per 1 maret 2016, hal ini tentunya karena sangat beratnya persaingan startup ecommerce di indonesia karena banyak nya kompetitor di bidang e-commerce dan marketplace yang kita ketahui seperti bukalapak.com, tokopedia.com, bli-bli.com, shopee, dan banyak lagi startup e-commerce raksasa yang bersaing di indonesia.


Itu salah satu contoh startup yang tumbang dalam persaingan e-commerce namun di balik itu semua ada bebrapa startup yang sukses dan meraup keuntungan yang fantastis dari bisnis yang mereka jalankan.


hal ini tentunya menjadi pelajaran untuk kita semua, terutama para pelaku startup atau yang anda baru akan memulai startup untuk waspada dan jangan terlena dengan pencapaian yang di raih, karena kenyataannya untuk bertahan di dunia startup itu lebih sulit.


Perlu ide dan kreatifitas yang brilian untuk menarik para calon customer, mulai dari memberikan diskon, kupon atau gratis ongkir misalnya, tentu hal semacam ini sangat diminati oleh customer. Akan tetapi untuk menjalankan ide tersebut di perluakan effor yang kuat dan biaya yang besar untuk iklan, promosi dan sebagainya.


Kesimpulan, membuat startup itu mudah. Jika anda memiliki niat yang kuat, ide yang tidak dimiliki orang lain, konsep yang matang, skill yang mumpuni anda sudah bisa untuk membuat sebuah startup, nah yang sulit itu mempertahankan startup sampai mencapai keberhasilan.

Jadi apakah anda masih ingin membuat startup.?

0 Response to "Apa itu startup ? Perkembangan bisnis startup di indonesia"

Post a Comment

Berkomentar dengan bijak dan sopan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel