Mengatasi visitor turun drastis setelah ganti template

Mengatasi visitor turun drastis setelah ganti template

Beberapa waktu lalu saya merubah tampilan template, lebih tepatnya mengganti template  dengan template yang baru, penggantian template memang sudah direncanakan dengan baik karena banyak hal yang saya pertimbangkan untuk akhirnya mengganti template.

Hal tersebut diantaranya adalah banyaknya broken link, tampilan yang tidak smooth (karena saya oprek - oprek), dan yang paling panting adalah kecepatan load blog cukup lambat dan memang perlunya perbaikan ditemplate, awalnya saya hanya merubah script mana yang yang harung di buang dan mana yang harus diperbaiki.

Alhasil speed blog pun lumayan cepat, tapi masih ada yang kurang dari interface nya blog terlihat tua dan tidak pada zamannya hehehe, oleh karena itu saya putuskan untuk mengganti template, sebelum mengganti template saya backup dulu template yang lama dan backup konten terlebih dahulu untuk jaga - jaga bila terjadi hal yang tak dinginkan dan proses pengganntian template pun berhasil seperti gambar di bawah ini hasilnya. 

Mengatasi visitor turun drastis setelah ganti template


Sehari berlalu, saya lihat di analytics tidak ada perubahan visitor yang signifikan, awalnya saya rasa wah ganti template memang tidak ada pengaruhnya, eits tunggu dulu di hari kedua setelah ganti template, mulai terasa visitor turun drastis, terjun payung hampir 60%, sempat kaget dan berfikir kenapa bisa begini.?

saya cek lagi kode XML nya dan benar saya ternyata saya lupa hapus kode no index alhasil beberapa index blog saya hilang di search engine, dan keyword tersebut merupakan keyword - keyword yang sangat ramai dari pencarian.

Menyesal.? iya. menyerah.? tidak, pantang bagi saya menyerah kemudian saya coba adopsi meta tag terutama meta keyword dan meta description pada template lama ke template yang baru kemudian menghapus kode no index dan berangsur2 visitor mulai berdatangan ke blog.

Walau tidak sebanyak sebelumnya setidaknya menunjukan bahwa kenaikan visitor signifikan, nah dari pengalaman saya di atas untuk mengganti template blog memang mudah namun, mengembalikan indexing blog kita itu sulit dan perlu usaha.

Hal yang paling penting yang harus diperhatikan Mengatasi visitor turun drastis setelah ganti template adalah sebagai berikut
1. Sebelum import template pastikan struktur meta tag sama dengan struktur meta tag pada template sebelumnya.
2. Pastikan kode no index dinonaktifkan.
3. Buat postingan secara berkala sehari minimal 1 postingan akan lebih baik lagi jika 2 postingan perhari dengan minimal 500 kata.
4. Pastikan membuat postingan yang bermanfaat dan berguna untuk pengunjung.
5. membuat UX (User Experience) yang nyaman untuk pengunjung blog.

Semoga pengalaman yang saya alami ini tidak anda alami namun jika anda mengalami nya anda bisa menggunakan cara yang saya lakukan seperti di atas untuk Mengatasi visitor turun drastis setelah ganti template, benar adanya guru yang paling berharga adalah pengalaman, semoga pengalaman saya bisa bermanfaat dan mencerahkan anda semuanya.

0 Response to "Mengatasi visitor turun drastis setelah ganti template"

Post a Comment

Berkomentar dengan bijak dan sopan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel