Menjamurnya Startup Fintech menjadi solusi atau masalah?


Menjamurnya Startup Fintech menjadi solusi atau masalah?

Baru - baru ini sedang maraknya para pelaku bisnis (founder) startup membangun fintech, namun sebelumnya apa itu fintech.? fintech adalah financial dan technologi yang kemudian di singkat menjadi fintech, dapat di artikan fintech merupakan startup yang bergerak di bidang jasa keuangan yang memanfaatkan teknologi informasi untuk menjalankan kegiatan bisnis nya.

Startup fintech banyak menawarkan jasa keuangan misalnya, pinjaman lunak, dana tunai cepat, pendanaan barang dan lain sebagainya. Banyak nya fintech tentu membuat persaingan semakin sengit, dengan persaingan sengit tesebut mereka membidik calon nasabah untuk menggunakan jasa mereka tanpa ribet urus ini dan itu.

Cukup upload KTP, email, foto dan no telepon, bagaimana? simple kan cukup bermodalkan KTP, email, foto  dan no telepon anda sudah bisa mengajukan pinjaman secara online, tidak hanya itu pinjaman cair dalam hitungan kurang dari satu jam, hmm fantastis ya. Tidak heran banyak orang yang mengajukan pinjaman melalui fintech.

Apalagi jika kebutuhan mendesak fintech bisa jadi solusi bagi mereka yang memang membutuhkan uang secara cepat dengan syarat yang mudah, cukup dengan upload upload dan upload duit cair.


Seolah bagaikan penolong di saat kesulitan namun di balik itu sebenarnya banyak rentenir yang berubah wujud menjadi fintech atau bisa di katakan rentenir online. Bagaimana tidak? nyatanya bunga yang dibebankan kepada nasabah sangat tinggi, namun anehnya masih saja banyak yang terjebak oleh fintech - fintech yang menjelma menjadi rentenir online.

Hadirnya startup, fintech menjadi solusi atau masalah?

Fintech biasanya menawarkan kemudahan dalam bertransaksi, tidak semua fintech menjadi masalah dan tidak semua fintech menjadi solusi, sebagai contoh kalau anda pengguna GO-PAY dan OVO tentunya sangat terbantu bukan dengan layanan mereka.? selain kemudahan cashback yang di tawarkan juga sangat menarik (saya pernah menggunakannya untuk bertransaksi).

Kemudahan yang diberikan oleh payment online tersebut menurut saya sangat bagus dan sangat bermanfaat terlebih reward, diskon dan cashback yang ditawarkan sangat menggiurkan pengguna untuk melakukan pembayaran dengan platform payment online milik mereka.

Di sisi lain, ada fintech yang menjelma menjadi rentenir online, menetapkan pinjaman lunak dengan bunga tinggi, ketika lewat dari masa tempo pembayaran juga terkena bunga harian yang tentunya sangat merugikan nasabah, merugikan? ya menurut saya sangat merugikan akan tetapi aneh nya banyak yang terjebak ke dalam lubang hutang rentenir online tersebut.

Saya berangapan mungkin banyak yang membutuhkan uang cepat dengan syarat mudah namun mengabaikan term dan condition yang sudah di tetapkan oleh fintech tersebut, tentunya dengan mengajukan pinjaman para nasabah tersebut sadar akan konsekuensi yang akan mereka tanggung.

Baca Juga : Menghasilkan $100 pertama dari google adsense


Saya sendiri pernah mendapatkan sms yang isinya memberitahukan bahwa nasabah A belum membayar tunggakan pinjaman, padahal saya sendiri tidak mengetahui nasabah A tersebut, rupanya pada saat anda akan melakukan pinjaman biasanya mewajibkan untuk menginstall Aplikasi mereka (Android maupun IOS) ketika di install maka aplikasi tersebut bisa mengakses lokasi, kontak, juga file anda.

Seperti terlihat pada contoh gambar di bawah ini :


alangkah lebih baik sebelum menginstall anda memperhatikan permission atau izin dari aplikasi tersebut. Namun saran saya lebih baik anda menjauhi pinjaman online melalui fintech yang menjelma menjadi rentenir online demi keamanan dan kenyamanan anda, sebisa mungkin menghindari bahkan lebih baik tidak sama sekali bertransaksi dengan startup fintech yang berkedok rentenir online.

Sebab, jika sudah masuk lubang mereka maka finansial anda yang akan menjadi taruhannya, finansial anda akan di rusaknya dengan bunga yang terus - menerus berkembang jika tidak anda bayarkan yang pada akhirnya anda sendiri yang akan menanggung beban berat bahkan sangat berat.

semoga tulisan ini bisa mencerahkan anda terkait fintech yang menjadi solusi atau masalah bagi saya dan anda yang membacanya, semuanya tergantung pada kontrol di diri anda untuk bisa menahan diri untuk tidak melakukan pinjaman online atau offline apapun.
Previous
Next Post »

Berkomentar dengan bijak dan sopan. Out Of Topic Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Thanks for your comment