membuat api whatsapp direct message generator dengan php


Membuat api WhatsApp direct message generator dengan php

Kita ketahui banyak orang yang membuat direct message untuk keperluan marketing, direct mesaage mempermudah calon client atau cutomer untuk mengirimkan pesan tanpa harus menyimpan nomor tujuan terlebih dahulu, selain itu anda bisa menentukan default message atau format pesan yang akan di kirimkan.

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial singkat untuk membuat api whatsapp direct mesage generator dengan php, saya harap dari judulnya anda semua sudah paham, sebab kalau menggunakan bahasa indonesia agak kurang pas sepertinya kalau saya gunakan kata "pesan langsung".

Oke kembali ke pembahasan awal, untuk membuat whatsapp direct message yang anda lakukan pertama kali adalah mengcopy dan pastekan kode di bawah ini (saya anggap anda sudah menginstall webserver entah xampp atau lamp) kemudian simpan dengan nama wa-testing.php di direktori c:/xampp/htdocs 

Baca Juga : Membuat CRUD dengan PHP dan SQLite



<html>
<head>
<title>Membuat api whatsapp message generator dengan php| www.hakkoblogs.com</title>
</head>
<body>
<?php
if(isset($_POST['kirim'])){
$nohape  = $_POST['nohape']; 
$isi     = $_POST['isi'];

echo "<script>window.location = 'https://api.whatsapp.com/send?phone=$nohape&text=$isi&source=&data='</script>";

}
?>
<form method="post" action="">
<input type="text" name="nohape" placeholder="contoh : 6285600000000"/><br/><br/>
<textarea cols="40" rows="5" name="isi" Placeholder="Isi pesan"></textarea>
<br/><br/>
<input type="submit" name="kirim" value="Kirim Pesan"/>
</form>
</body>
</html>


Setelah di simpan silahkan anda test dengan akses url di browser localhost/wa-testing.php jika berhasil anda akan mendapatkan halaman seperti di bawah ini


Selanjutnya saya coba untuk mengirimkan pesan ke saya sendiri, seperti gambar di bawah ini saya akan mengirimkan pesan "testing" ke nomor 628569498403 selanjutnya klik button  Kirim Pesan.



Ketika button Kirim Pesan  di klik maka akan muncul halaman rediret message whatsapp seperti di bawah ini.


Dari mhalaman tersebut anda bisa mengirimkan pesan tanpa harus menyimpan nomor telepon tujuan, bagaimana? mudah bukan? pastinya ya. Oh ya satu lagi kalau anda perhatikan address bar di atas mengarah pada api whatsapp dengan nomor dan pesan yang di inputkan.




Jadi jika anda ingin membuat button direct message untuk keperluan marketing, maka cukup copas url yang ada di addressbar browser pada gambar di atas sesuikan nomor telepon anda dan pesan yang diinginkan,



<a href="https://api.whatsapp.com/send?phone=nomoranda&text=pesananda&source=&data=">Hubungi Kami</a>

Penjelasan singkat kode :
Phone=nomoranda => nomor telepon whatsapp anda
text=pesananda     => default format pesan yang akan di kirim.

Kesimpulannya adalah dengan adanya direct message wa builder ini, mempermudah anda untuk membuat direct message wa cukup input, kemudian anda bisa mengirimkan pesan secara langsung atau anda juga bisa membuat direct link wa message dengan copas url hasil generate dan menyisipkannya di link a href.

Semoga tutorial singkat ini bisa bermanfaat untuk saya dan anda yang membacanya, pantengin terus www.hakkoblogs.com untuk mendapatkan update terbaru seputar tutorial, informasi dan tips seputar pemrograman dan startup, selamat mencoba.
Previous
Next Post »

Berkomentar dengan bijak dan sopan. Out Of Topic Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Thanks for your comment