-->

step by step tutorial crimping kabel LAN (UTP/STP)

Jika impian anda adalah menjadi IT Infrastruktur maka hal yang paling penting yang harus anda kuasai adalah crimping cable jaringan atau biasa dan sering di sebut orang - orang dengan sebutan kabel LAN, kabel jaringan atau kabel LAN berfungsi untuk menghubungkan perangkat satu dengan perangkat lainnya berkomunikasi melalui jaringan (network) yang sama, dengan jaringan kita bisa melakukan olah data dan transfer data antar perangkat dalam satu jaringan dengan sangat mudah.

Untuk kabel LAN di bedakan menjadi 2 jenis sesuai peruntukkannya yaitu kabel UTP (Unshield Twisted Pair) merupakan kabel jaringan yang digunakan untuk didalam ruangan / indoor sedangkan kabel STP(Shield Twisted Pair) merupakan kabel jaringan yang digunakan untuk di luar ruangan (outdoor).

Untuk menghubungkan kabel jaringan dari satu perangkat ke perangkat lainnya maka kita membutuhkan crimping kabel jaringan menggunakan RJ 45, ada 2 metode untuk crimping kabel jaringan yaitu dengan Tipe pengkabelan Straight dan Tipe pengkabelan Cross

1. Tipe pengkabelan straight
Kita akan coba membuat kabel straight, pertama kupas-lah pelindung luar kabel UTP lalu atur agar lurus kabel-kabel didalamnya. Urutkan posisinya berdasarkan diagram di bawah. Potong ujung kabel dengan gunting agar rata. Masukkan kedalam konektor RJ-45 lalu di crimping dengan tang crimping. Ikuti caranya untuk ujung kedua sama dengan langkah pertama. Masukkan ujung kedua kabel kedalam LAN-tester lalu periksa, jika semua lampu 1-8 terhubung maka kabel ini sudah siap kita pakai.

Urutan Ujung A
1. Putih Orange
2. Orange
3. Putih Hijau
4. Biru
5. Putih Biru
6. Hijau
7. Putih Coklat
8. Coklat

Urutan Ujung B
1. Putih Orange
2. Orange
3. Putih Hijau
4. Biru
5. Putih Biru
6. Hijau
7. Putih Coklat
8. Coklat

2. Tipe Pengkabelan Cross

Untuk kabel cross juga sama seperti langkah diatas, hanya bedanya harap perhatikan salah satu ujung yang berbeda. Adapun standard per-kabelan ini yang dijaminkan adalah kurang lebh 100 meter, diatas 100 meter kemungkinan akan mengalami loss.
Jika ada yang bertanya bagaimana membedakan kabel straight dan kabel cross? Sebenarnya mudah saja, perhatikan ujung dari kedua kabel tersebut lihat diagram-nya bila yang pertama adalah putih orange lalu kedua putih orange juga sudah pasti itu kabel straight, sedangkan kabel cross salah satu ujungnya dimulai dengan putih hijau.

Urutan Ujung A
1. Putih Orange
2. Orange
3. Putih Hijau
4. Biru
5. Putih Biru
6. Hijau
7. Putih Coklat
8. Coklat
Urutan Ujung B
1. Putih Hijau
2. Hijau
3. Putih Orange
4. Biru
5. Putih biru
6. Orange
7. Putih coklat
8. Coklat

3. Alat dan Bahan Yang di perlukan

- Tang Crimping
- Connector RJ45
- Kabel UTP / STP
- Lan Tester (optional)

 4. Teknik Crimping

- Kupas lapisan luar kabel UTP / STP sekitar 2cm - 3cm

- Buat susunan warna sesuai tipe pengkabelan (Cross atau Straight)

- Potong susnan kabel yang sudah rapi susunannya (ratakan) dengan gunting / tang crimping

- masukkan kabel UTP / STP yang sudah di ratakan  kedalam RJ45 dengan benar

- Masukkan dan jepit kabel UTP/STP yang sudah dimasukkan ke RJ45 ke lubang tang crimping (RJ45) pastikan ujung kabel tercrimping dengan benar

- Untuk memastikan kabel LAN sudah tercrimping dengan benar silahkan gunakan LAN tester dan lihat lampu indikator menyala sesuai dengan urutan 1-8, jika sudah maka kabel siap digunakan.

Masih bingung, tenang saya sudah siapkan video tutorial untuk memudahkan anda dalam belajar crimping kabel jaringan / kabel LAN dengan mudah, silahkan tonton video di bawah ini jangan lupa untuk SUBSCRIBE channel youtube Hakko Bio Richard https://youtube.com/c/hakkobiorichard


Sebaik - baik ilmu adalah yang bermanfaat,Semoga tutorial ini bisa bermanfaat dan membantu anda dalam proses belajar step by step membuat crimping kabel LAN (UTP/STP), tidak ada usaha yang tanpa hasil dan tiada hasil yang tanpa usaha, terus berjuang dan terus semangat dalam belajar.

Selamat Mencoba

0 Response to "step by step tutorial crimping kabel LAN (UTP/STP)"

Post a Comment

Berkomentar dengan bijak dan sopan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel