-->

Membuat toko online di WhatsApp dengan WhatsApp For Business Catalog

Dimasa pandemi seperti sekarang ini banyak sekali rekan kerja bahkan sanak saudara yang kehilangan pekerjaannya karena kondisi perusahaan yang tidak sanggup bertahan di tengah kondisi pandemi seperti sekarang, namun jangan pernah patah arang tetap terus berusaha dan terus mencoba untuk mencapai yang anda inginkan.

Banyak sektor usaha yang offline sudah mulai melirik untuk memanfaatkan teknologi dan mulai migrasi pelan - pelan sektor usaha nya ke online, tentunya di masa sekarang orang akan lebih senang di rumah dan pastinya lebih banyak menghabiskan waktunya untuk berselancar di dunia maya.

Karena kondisi tersebut banyak orang mulai melirik untuk memulai usaha terutama usaha online, namun kendalanya adalah ketika anda ingin berjualan online maka anda membutuhkan sebuah website yang akan mengarahkan direct selling ke nomor anda (hard selling) akan tetapi untuk membuat sebuah website memerlukan keterampilan yang cukup di programming, membeli domain dan juga hosting atau kalau anda tidak ingin pusing bisa menggunakan jasa pembuatan website oleh profesional.

Namun, jika anda terkendala modal maka anda bisa menggunakan platform marketplace yang sudah terpercaya seperti tokopedia, bukalapak maupun shopee tapi tentunya anda harus belajar terlebih dahulu untuk mengelola toko di marketplace tersebut (belajar akan terasa sulit di awal namun akan terasa mudah jika sudah terbiasa).

Tapi jika anda berniat untuk hard selling menggunakan handphone android anda, anda bisa menggunakan whatsapp for business, ya dengan WA katalog anda sudah bisa membuat toko di whatsapp dengan mudah dan tentunya gratis alias free.

Bagaimana caranya? anda bisa simak tutorial dari whatsapp berikut ini 

Cara membuat dan mengelola katalog

Katalog dengan informasi terkini mempermudah pelanggan untuk berinteraksi dengan bisnis Anda. Katalog juga membantu menampilkan produk dan layanan baru Anda.

Menambah produk atau layanan ke katalog Anda

  1. Buka aplikasi WhatsApp Business > Pengaturan > Pengaturan Bisnis > Katalog.
    • Jika Anda membuat katalog baru, ketuk Tambah Produk atau Layanan.
  2. Ketuk ikon tanda tambah biru atau Tambah ke Katalog. Lalu ketuk Tambah Gambar.
  3. Ketuk Pilih Foto untuk mengunggah gambar dari Foto atau Ambil Foto untuk mengambil gambar baru. Anda dapat mengunggah hingga 10 gambar.
  4. Masukkan nama produk atau layanan. Anda juga dapat memberi detail opsional seperti harga, deskripsi, tautan situs web, dan kode untuk produk atau layanan yang diunggah.
  5. Ketuk Simpan.

Menghapus produk atau layanan dari katalog Anda

  1. Buka aplikasi WhatsApp Business > Pengaturan > Pengaturan Bisnis > Katalog.
  2. Gesek ke kiri produk atau layanan yang ingin Anda hapus. Kemudian ketuk Hapus > Hapus.

Alternatif lainnya, pilih gambar produk atau layanan yang ingin Anda hapus. Kemudian ketuk Edit > Hapus > Hapus.

Untuk detail tutorial anda bisa menuju ke link berikut ini Membuat dan mengelola katalog di WhatsApp For Business

Berikut adalah toko WhatsApp Menggunakan katalog WA Untuk Bisnis, toko anda akan terlihat seperti gambar di bawah ini


Selanjutnya ketika katalog di klik maka akan muncul detail dari produk yang di klik, kemudian calon konsumen hanya perlu klik KIRIM PESAN KE BISNIS maka akan terkirim pesan dengan produk yang di pilih calon customer ke no WA anda seperti gambar di bawah ini


Sampai tahap ini anda sudah berhasil membuat toko WA anda sendiri dengan mudah, setelah anda membuat toko WA anda sendiri tugas anda selanjutnya adalah mencari pembeli untuk produk yang anda jual, anda bisa memulainya dengan share status jualan anda ke media sosial, status whatsapp dan platform mana saja untuk anda bisa hard selling (jual langsung).

Atau jika anda tidak mau capek anda bisa menggunakan fitur iklan dari facebook, Google Ads atau Instagram Ads untuk mempromosikan produk yang anda jual, akan tetapi jika anda ingin menggunakan platform publisher iklan maka anda harus pahami dulu cara kerjanya supaya anda tidak boncos alias rugi alias tidak closing tapi budget iklan habis, tentunya percuma.

Maka perlu belajar untuk memulai sesuatu, karena kata imam syafi'i "Jika kamu tidak sanggup menahan lelahnya belajar maka kamu harus sanggup menahan perihnya kebodohan" - Imam Syafi'i.

Semoga dengan adanya tulisan ini bisa membantu anda yang sedang ingin berjualan namun terbatas dengan modal untuk membuat website, maksimalkan yang kita punya dengan sebaik - baiknya karena banyak jalan menuju roma.

Jika tulisan ini bermanfaat jangan sungkan untuk membagikannya.

Salam Sukses

0 Response to "Membuat toko online di WhatsApp dengan WhatsApp For Business Catalog"

Post a Comment

Berkomentar dengan bijak dan sopan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel