-->

membuat windows backup server di windows server 2012 R2

 Backup sangat penting untu pemeliharaan system dan keberlangsungan bisnis perushaan, maka dari itu anda mesti rajin untuk cek setiap hari mulai dari device, network dan backup data maupun backup configurasi server, karna kita tidak pernah tahu kapan failure system itu terjadi, maka kita perlu mempersiapkannya minimal dengan backup.

Maka dari itu kita perlu aware terhadap backup untuk jaga - jaga atau istilah kerennya preventif ketika terjadi trouble pada server kita, backup itu sendiri bisa berupa backup system, backup konfigurasi dan backup data dan sebagai IT di sebuah perusahaan tentunya anda tidak ingin bukan bisnis proses perusahaan anda terganggu karena system failure? nah maka dari itu backup dari sekarang !

Untuk backup software juga sudah tersedia banyak, mulai dari symantec system recovery, Veeam,d an banyak lagi software backup yang berbayar dan bagus, namun bagaimana jika perusahaan tidak ada budget untuk membeli software backup? nah anda bisa memanfaatkan fitur bawaan dari windows server yaitu windows server backup, nah dengan windows server backup ini anda bisa melakukan backup system dan data dengan 2 metode yang sudah di sediakan yaitu one time backup dan scheduled backup atau backup terjadwal.

1. One time Backup (Backup Tidak Terjadwal)

One time Backup bisa anda lakukan pada system atau data yang tidak mengalami perubahan, anda bisa lakukan ini ketikan ingin migrasi server misalnya, maka anda bisa melakukan one time backup untuk preventif ketika server fail migrasi ke server yang baru.

2. Scheduled Backup (Backup Terjadwal)

Scheduled backup wajib anda lakukan ketika system dan data di server windows anda terus mengalami perubahan yang dinamis maka perlu dilakukan scheduled backup misalnya seminggu sekali atau satu bulan sekali (saya menyarankan seminggu sekali) tapi yang saya lakukan sekarang adalah backup harian  secara sequential (ketika ada perubahan baik system maupun data) dan backup mingguan untuk system dan data, namun hal ini perlu disesuaikan dengan strorage yang anda punya.

pastikan strorage NAS (Network Attached Strorage) atau SAN (Strorage Attached Network) yang anda punya cukup untuk backup harian dan backup mingguan, jika strorage NAS atau SAN yang anda punya tidak cukup untuk melakukan backup harian dan mingguan maka anda bisa memilih backup mingguan sebagai solusi awal berjalan dengan anda  mengajukan ke management untuk menambah strorage backup karena ini sangat penting dan krusial terhadap proses bisnis perusahaan agar tetap berlangsung.

Berikut saya sudah membuat video step by step untuk membuat windows backup server di windows server 2012 R2, harapan saya setelah menonton video berikut anda bisa membuat windows server backup secara mandiri, jangan lupa untuk subscribe ya.



Semoga postingan ini bisa bermanfaat untuk anda yang membacanya dan untuk anda yang sedang mencari  cara membuat windows backup server di windows server 2012 R2, silahkan anda coba dan anda praktekkan, karena ada istilah bisa karena terbiasa nah untuk bisa terbiasa maka perlu untuk memulainya.

Selamat Mencoba

0 Response to "membuat windows backup server di windows server 2012 R2"

Post a Comment

Berkomentar dengan bijak dan sopan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel