Cara mudah Upload file website aplikasi ke cpanel di web hosting


Tentunya pernah terfikirkan dibenak anda untuk mengupload website atau web aplikasi yang sudah anda buat ke hosting cpanel agar website atau web aplikasi bisa di akses secara online kapan saja dan dimana saja, jika ya maka saya ucapkan selamat karena anda sudah berada di tempat yang tepat.

Kali ini saya akan membahas tentang Cara mudah Upload file website aplikasi ke cpanel di web hosting, tentunya bagi anda pemula bigung harus memulai dari mana jika ingin mengupload file ke hosting agar bisa di publish dan bisa di lihat secara online.

Sebenarnya saya buat tutorial ini untuk panduan upload file project web aplikasi yang sudah selesai saya kerjakan, terfikir di benak saya untuk membagikannya di blog ini, semoga bisa terbantu untuk Upload file website aplikasi ke cpanel di web hosting dengan mudah.

Upload file ke hosting via CPANEL

Untuk upload website dinamis maupun upload web aplikasi di perlukan beberapa tahap yaitu
1.     Upload file ke file manager hosting CPANEL
2.     Membuat database via MYSQL Wizard
3.     Import database via PHP MyAdmin

1.    Upload file ke Upload file ke file manager hosting CPANEL

·       Hal yang perlu dilakukan adalah pertama silahkan akses CPanel website anda dengan mengetikkan URL domainanda.com/cpanel seperti gambar di bawah ini




·       Anda juga bias mengkases CPanel dengan cara mengetikkan port pada domain, seperti ini domainsaya.com:2083 untuk lebih jelas silahkan lihat gambar di bawah ini



·       Silahkan masukkan username dan password cpanel anda
·       Setelah login maka anda akan mendapatkan halaman seperti di bawah ini, silahkan pilih menu  File Manager (lihat gambar di bawah).

    
·       Selanjutnya anda akan dialihkan ke halaman file manager CPanel, silahkan anda klik public_html (lihat gambar di bawah ini)



  ·       Setelah masuk ke dalam folder public_html  selanjutnya silahkan klik button upload seperti gambar di bawah ini



·       Kemudian anda akan mendapatkan halaman seperti di bawah ini, silahkan upload file zip website anda atau file zip web aplikasi anda / usahakan file zip tersebut tidak terpassword sehingga memudahkan untuk extract di CPanel.


 ·      Tunggu hingga proses upload selesai, kemudian kembali ke halaman utama (home)
·       Pilih file yang sudah di upload, klik Extract (jangan lupa sesuaikan folder extractnya ke public_html) untuk detail bias lihat gambar di bawah ini.


·       Sampai tahap ini anda sudah selesai mengupload file ke file manager CPanel.



2.    Membuat database menggunakan MySQL Database Wizard

·       Langkah selanjutnya adalah membuat databse menggunakan MySQL Database Wizard, pada menu utama di kategori menu databse silahkan pilih MySQL Database Wizard  seperti gambar di bawah ini.




·       Maka anda akan mendapatkan tampilan seperti di bawah ini, silahkan isikan nama database yang akan anda buat, di sini saya membuat database dengan nama invoice_custom setelah itu klik  Next Step.


·       Selanjutnya isi username dan password databse yang akan di buat, selanjutnya klik Create User (untuk jelasnya silahkan lihat gambar di bawah ini).


·       Lanjut ke step selanjutnya klik ALL PRIVILAGE selanjutnya klik Next Step



·       Jika berhasil membuat database maka anda akan mendaptkan halaman seperti di bawah ini, silahkan kembali ke home.



3.    Import Database Via PHPMyAdmin

·       Selanjutnya adalah langkah terakhir yaitu mengimport database yang sudah diimport ke database yang sudah di buat sebelumnya, silahkan ke menu utama kemudian di bagian kategori databse silahkan dengan pilih phpMyAdmin (lihat gambar di bawah ini)




·       Selajutnya anda akan mendapatkan halaman phpMyAdmin, silahkan klik database yang sudah di buat yaitu invoice_custom.
·       Lanjut pilih tab Import.
·       Kemudian pilih SQL file yang anda kehendaki misalnya invoice_custom.sql
·       Selanjutnya klik kirim, tunggu hingga proses import databse selesai.


·       Sampai tahap ini anda sudah berhasil melakukan import database, selanjutnya adalah meyesuaikan koneksi database pada aplikasi anda dengan menyesuaikan host, username database, password database, dan nama database

Contoh :

<?php
//sesuaikan dengan hosting di provider anda.
$db_host = "localhost";
//isi dengan  user databse yang sudah di buat di Mysql Wizard
$db_user = "invoice_custom";
//isi dengan  password databse yang sudah di buat di Mysql Wizard
$db_pass = "invoice_custom";
//isi dengan nama database yang sudah di buat di Mysql Wizard
$db_name = "invoice_custom";
$koneksi = mysqli_connect($db_host, $db_user, $db_pass, $db_name);
if(mysqli_connect_errno()){
            echo 'Gagal melakukan koneksi ke Database : '.mysqli_connect_error();
}   
?>

Sampai tahap ini anda sudah berhasil mengupload file website dan file aplikasi ke hosting CPanel anda, semoga tutorial singkat ini bisa bermanfaat dan berguna bagi anda yang membacanya, silahkan di coba dan dipraktekkan agar anda menjadi lebih paham dan lebih mengerti Cara mudah Upload file website aplikasi ke cpanel di web hosting.

= = = Selamat Mencoba = = =

0 Response to "Cara mudah Upload file website aplikasi ke cpanel di web hosting "

Post a Comment

Berkomentar dengan bijak dan sopan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel