7 tips untuk meningkatkan keamanan perangkat IOT (Internet Of Things)

7 tips untuk meningkatkan keamanan perangkat IOT (Internet Of Things)

Di era industri 4.0 pada masa sekarang ini tidak akan terlepas dari yang nama nya IOT atau internet of things yang mana digunakan untuk memberikan informasi - informasi yang nantinya akan di olah untuk kepentingan peruahaan untuk mengambil keputusan yang tepat.

Kehadiran peragkat IOT (internet of things) sangat cepat sekali dan terus bertumbuh. Perangkat IOT dengan teknologi canggih dan terintegrasi ini menyisakan untuk ancaman keamanan yang sangat potensial seperti hack dan malware. Maka dari itu perlu nya pengamanan pada perangkat IOT untuk mencegah terjadinya hal tersebut.

Berikut sedikit tips untuk meningkatkan keamanan perangkat IOT yang terhubung dengan koneksi internet, langkah - langkah yang dilakukan adalah


  • Mengetahui perangkat apa yang terhubung
Sebelum dapat mengamankan perangkat, sebaiknya tahu perangkat apa yang rentan terhadap serangan. kemampuan untuk mengidentifikasi perangkat yang terhubung merupakan langkah awal dari pngamanan perangkat IOT.
  • Lindungi semua perangkat dan account dengan password yang kuat dan unik
Setiap perangkat IOT dengan account berbasis internet harus dilindungi dengan username dan password yang kuat yang mencakup kombinasi angka, huruf besar, huruf kecil dan karakter atau simbol. Hindari menggunakan username dan password yang sama untuk beberapa account. Karena jika berhasil diretas maka peretas memiliki area yang lebh luar untuk mengendalikan perangkat IOT anda.
  • Hindari menggunakan koneksi internet yang tidak aman
Jangan menggunakan koneksi internet yang tidak aman karena rentan mendapatkan serangan dari hacker, untuk meningkatkan keamanan jaringan, buatlah password yang kuat untuk koneksi internet dan update secara berkala.
  • Buat jaringan yang terpisah dengan perangkat IOT
Banyak perangkat router sekarang ini yang memungkinkan untuk mengatur beberapa segmen attauu kelompok jaringan. Lakukan configurasi router untuk membuat setidaknya satu jaringan yang terpisah untuk perangkat IOT. 

Karena semakin banyak segmen dalam jaringan, semakin sulit hacker untuk meretas dan mengkases semua perangkat dan informasi.
  • Pasang firewall

Firewall membantu mencegah hacker, virus dan worm menyerang perangkat yang terhubung melalui internet dan melalui lalu lintas jaringan yang tidak seharusnya, firewall merupakan proteksi awal ketika ada serangan dari hacker.

Anda bisa menggunakan proteksi tambahan untuk memperkuat proteksi jaringan anda, biasanya penyedia firewall banyak memberikan fitur berupa license layanan produkny untuk proteksi tambahan.
  • Segera lakukan patch akan security update
Beberapa perangkat pintar secara rutin merilis uppdate system yang menangani masalah pengguna dan kelemahan keamanan, dengan menginstall update yang telah tersedia membantu untuk tetap terlindungi. Periksalah situs web produsen masing - masing perangkat untuk update fitur keamanan.
  • Lepaskan koneksi perangkat IOT ketika tidak digunakan
Matikan semua perangkat pintar bila tidak digunakan, pastikan port perangkat ke jaringan tidak dalam keadaan aktif sehingga menciptakan hole atau celah lubang keamanan yang dapat disusupi oleh hacker. Beberapa switch pintar saat ini, sudah dapat melakuan melakukan verfikasi suatu perangkat sebelum masuk ke jaringan.

Jika diperusahaan anda baru akan mengimplementaskan IOT maka anda perlu aware terhadap keamanannya, jika anda susah mengimplementasi ada baiknya mencari celah apa saja yang bisa di serang oleh hacker dan mengamankannya.

Semoga7 tips untuk meningkatkan keamanan perangkat IOT (Internet Of Things) bisa bermanfaat untuk anda yang mmbacanya.

0 Response to "7 tips untuk meningkatkan keamanan perangkat IOT (Internet Of Things)"

Post a Comment

Berkomentar dengan bijak dan sopan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel