Pentingnya backup secara terschedule

Pentingnya backup secara terschedule

Pentingnya backup secara terschedule apalagi yang anda kerjakan adalah data transaksi pelanggan yang tiap harinya pasti tidak lepas dengan input dan collect data, bisa dibayangkan apa yang terjadi jika database transaksi hilang begitu saja karena tidak becus dan lalainya penyedia cloud service.

hal tersebut rupanya sudah banyak terjadi pada perusahaan - perusahaan, namun untuk mencegah hal tersebut terjadi kita harus rajin untuk backup dan memastikan databse telah terbackup dengan baik dan terschedule, baik full backup maupun incremental backup.

Di zaman sekarang ini semua perusahaan menggntungkan bisnisnya pada perusahaan penyedia cloud dengan alaman free maintenace dan reduce cost karena memang harga yang ditawarkan murah bila di banding jika membuat DC itu sendiri.

Di bawah ini adalah tulisan dari seorang profesional yang mengalami hilangnya database, pastinya bida dibayangkan jika database trasaksi pelanggan hilang, tentu akan sangat menggangguaktifitas bisnis yang ada di perusahaan tersebur.

Berikut ini adalah tulisan dari Avianto Tiyo yang berbagi pengalamannya

Tragedi itu bernama DigitalOcean. Matinya usaha digital hanya dalam hitungan detik. ========== Mungkin aktifitas saya untuk mengelola 2.000 pelanggan masih angka yang relatif kecil. Tidak seperti mengurus produk Startup yang memang di gunakan untuk scalabilitas tinggi dan jutaan pelanggan. ✏️ Tragedi Misterius. Memang tidak pertama kali kasus ini terjadi, ada banyak tragedi misterius dari vendor cloud server satu ini, dan akhirnya saya mengalami nasib yang serupa, semua droplet dan control panel server tidak berjalan sebagaimana mestinya, koneksi DNS dengan doprlet juga tiba2 hilang. ✏️ Database tidak selamat. Hasil akhir backup 4 jam sebelum droplet tewas menyisakan beberapa data user dan record pembelian tidak selamat. Meskipun sempat terbackup namun yang disayangkan adalah database akhir tidak terselamatkan. ✏️ Pelajaran Berharga. Backup serutin mungkin baik manual backup atau schedule backup baik semua setup engine hingga script dan database. ✏️ Kamu bisa mati dalam hitungan "detik" Bila bisnis ditopang pada media cloud, pastikan kamu detail dalam menjaga database pelanggan. Karena hanya dengan hitungan detik usaha mu bisa mati mendadak karena hilangnya database pelanggan.

Sumber : https://www.linkedin.com/feed/update/urn:li:activity:6544040645760253952

Intinya adalah Pentingnya backup secara terschedule menjadi sangat penting untuk menghindari terjadinya lost data, jadi sangat disarankan untuk anda agar melakuan backup tershedule bail full backup maupun incremental backup.

Semoga dengan adanya pembahasan ini, membuat anda menjadi lebih aware terkait backup kare disaster bisa datang kapan saja.

Selamat Belajar

0 Response to "Pentingnya backup secara terschedule"

Post a Comment

Berkomentar dengan bijak dan sopan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel