Bagaimana cara Mengganti default index file website dengan htaccess (Error Not Found not detect index.html)


Oke pada kesempatan kali ini saya berbagi pengalaman saya, kronologinya adalah seperti ini, sebelelumnya website saya terkena serangan deface sehingga saya harus mengupload ulang file tersebut, setelah proses file selesai terupload ketika di akses web saya dengan url :

www.niqoweb.com

hasil yang muncul adalah error not found seperti di bawah ini :

Saya ulangi untuk akses url tersebut berkali - kali tetapi hasilnya tetap sama saja,

akan tetapi ketika saya akses web dengan url 

www.niqoweb.com/index.html

hasilnya web bisa diakses dengan baik, seperti gambar di bawah ini :



dari kejadian di atas saya merasa heran mengapa bisa seperti itu.? bukannya web server akan selalu mengeksekusi index.html atau index.php sebagai default.? nah sampai akhirnya saya berfikir apakah ini pengaruh htaccess.? 

Akhirnya saya coba untuk redirect url via htaccess dengan menambahkan perintah berikut di .htaccess


#Alternate default index pages
DirectoryIndex index.htm index.html index.php


Setelah saya tambahkan perintah tersebut di .htaccess dan saya simpan, saya bisa mengakases web www.niqoweb.com dengan baik seperti gambar di bawah ini :


Penjelasan dari script .htaccess di atas, dari script tersebut bila kita memiliki 3 file index.htm index.html dan index.php maka yang akan di eksekusi oleh .htaccess sebagai default adalah file index.htm  perlu diketahui urutan penulisan file yang paling pertama maka itulah yang di eksekusi oleh file .htaccess.

semoga artikel ini bisa membantu anda untuk mengatasi error not found index.html yang tidak terdeteksi, silahkan di coba dan dipraktekkan.

Selamat Belajar

Previous
Next Post »