Cara Upload atau Import File SQL Ukuran Besar di phpMyAdmin


Pada postingaan kali ini saya akan membahas tentang cara import file SQL besar yang lebih dari limit size di PhpMyAdmin bila tetap di import akan selalu failed / gagal, hal ini saya alami ketika mendapatkan project remote  di sebuah perusahaan swasta yang ada di cikarang - bekasi, bila anda mengalami hal tersebut nah postingan ini wajib anda baca sampai selesai, oke langsung saja kita mulai step by step pembahasannya seperti berikut ini :

1. Buka control panel xampp, kemudian matikan (stop) Apache dan MySQL, seperti gambar di bawah ini:


2. Bukalah file config.inc.php yang ada di direktory C:/xampp/phpMyAdmin/config.inc.php lihat gambar di bawah ini untuk lebih jelas :



3. Kemudian silahkan anda editfile config.inc.php menggunakan notepad ++ atau yang lainnya dan tambahkan code berikut di bawah kode $i++;

$cfg['UploadDir'] = 'upload';
$cfg['ExecTimeLimit'] = 0;

untuk lebih jelas silahkan lihat gambar berikut ini :


4. Setelah itu buatlah sebuah folder di direktori C:/xampp/phpMyAdmin/ dengan nama upload seperti gambar di bawah ini :



5. Kemudian silahkan anda copy file sql besar yang akan di import dan pastekan di folder upload di direktori C:/xampp/phpMyAdmin/upload.

6. Setelah itu buka control panel xampp dan aktifkan kembali Apache juga MySQL dengan mengklik tombol start di control panel xampp.

7. Buka phpMyAdmin, pilih file SQL yang akan di import pada database, pilih pilihan pilih dari direktori unggah upload/ pada web server, untuk lebih jelas silahkan lihat gambar di bawah ini :


Selamat anda telah berhasil mengimport file SQL besar ke database di phpMyAdmin, semoga tutorial ini bisa bermanfaat dan berguna, demikian tutorial singkat tentang Cara Upload atau Import File SQL Ukuran Besar di phpMyAdmin, semoga bisa membantu anda dalam menyelesaikan project, tugas, ataupun untuk pembelajaran, selamat mencoba.

Happy Coding & Programming

Previous
Next Post »