Cara Back Up Database di PHP My Admin


Kali ini saya akan menjelaskan step by step back up database di php my admin, mengapa kita perlu back up database.? pengalaman saya dulu (jamannya kuliah) pada saat install ulang laptop saya, saya hanya membackup folder htdocs setelah saya install ulang laptop kemudian menginstall kembali xampp dan mengcopy file website saya ke folder htdocs kemudian saya membuka file tersebut dengan browser alangkah terkejutnya saya aplikasi yang saya buat databasenya lupa saya back up, nah atas dasar itulah saya membuat tutorial ini. Dari pada kebanyakan narasi langsung saja ya..

  • Oke pertama langsung menuju phpMyAdmin kemudian pilih database yang akan di back up, disini saya akan membackup database datagaji, kemudian pilih tab export untuk lebih jelas lihat gambar di bawah.

  • Kemudian pilih format SQL lalu centang Save As save dengan nama yang anda kehendaki kemudian di radio button kompresi pilih None lalu klik GO, untuk detail silahkan lihat gambar di bawah ini.


  • Setelah di klik GO maka akan terdownload file dengan nama yang di kehendaki tadi dengan format .sql yang berada di folder download (lihat gambar).

Selesai, kita sudah berhasil membuat backup database sehingga pada saat terjadi masalah dengan database kita sudah mempunyai backup databasenya. Semoga tutorial ini bisa bermanfaat dan silahkan di share jika memang diperlukan.

Selamat Mencoba

Previous
Next Post »